Selasa, 30 April 2013


   
627 M, disebutkan bahwa orang yahudi memiliki kemerdekaan politik,mereka menjadi sahabat dan ber-campur dengan kedua suku penguasaYatsrib tersebut.Ibnu Ishaq bercerita tentang konflikantara raja Yaman terakhir dariKerajaan Himyarite dan pendudukYatsrib. Ketika raja Yaman lewat oasisYatsrib, warga membunuh anaknya,dan penguasa Yaman mengancamakan memusnahkan orang-orangYatsrib dan menebang pohon-pohon dikota tersebut .Menurut ibn Ishaq, raja Yamantersebut menarik ucapannya karenabertemu dengan rabbi dari BaniQurayya, kedua rabbi memohon ke-pada raja karena itu adalah tempat“yang seorang nabi berasal dari sukuQuraisy akan bermigrasi pada wak-tunya pada masa mendatang, dan ituakan tempat peristirahat terakhir baginabi tersebut(nabi Muhammad saw).Raja Yaman tidak jadi menghancurkankota yastrib dan dalam perjalanan keYaman dibawa serta rabbi tersebut keMekah, dari laporan Rabbi maka saatitullah raja Yaman mengakui Ka’bahsebagai sebuah kuil dibangun olehNabi Ibrahim dan Rabbi menyarankanRaja “untuk melakukan apa yang or-ang Mekah lakukan, Seperti menge-lilingi Bait suci, untuk memuliakandan menghormati rumah ibadahpendirian Nabi Ibrohim, mencukursedikit rambut di kepala danberperilaku dengan segala kerendahanhati.
perselisihan Civic
Banu Aus dan Banu Khazrajterlibat permusuhan antara satu samalain dan pada saat Nabi MuhammadHijrah ke Madinah, kedua sukutersebut berjuang selama 120 tahundan merupakan musuh bebuyutansatu sama lain. Banu Nadir dan BanuQurayza bersekutu dengan Aus,sedangkan Bani Qaynuqa berpihakpada Khazraj.Peperangan terakhir mereka dan yang paling dasyat adalah Pertem-puran Bu’ath peperangan yang ber-langsung selama 120 tahun berakhir,karena mereka melihat hasil yang tidaksignifikan terhadap masing-masingkelompok.beberapa tahun sebelum keda-tangan nabi Muhammad SAW. Salahsatu dari kepala suku dari banuKhazraj Abd-Allah ibn Ubayy menolakuntuk ambil bagian dalam pertem-puran, dia memiliki reputasi untukmenjadikan antar suku tidak salingbermusuhan. Maka dia dianggapistimewa dan sangat dihormati dansitulah terciptanya perdamain antarsuku, Sampai kedatangan NabiMuhammad ia adalah penduduk yangpaling dihormati di Yatsrib.
Kedatangan Nabi Muhammad SAW
. Tercatat dalam sejarah pada tahun622, Nabi Muhammad SAW dan paraMuhajirin meninggalkan Mekah dantiba di Yatsrib, merupakan suatuperistiwa yang akan mengubah lem-baran politik secara total, permusuhanlama antara Aus dan suku Khazraj,keduanya memeluk Islam sebagaiAjaran yang dibawa Nabi MuhammadSAW.Mengapa kedua suku tersebutsangat mudah menerima Islam sebagipegangan hidup mereka” dalam hal inimomen yang paling penting bagi keduasuku tersebut adalah perkataanRabbi terhadap Raja Yaman dan akandatangnya sang Nabi besar serta ceritaucapan Raja Yaman sejarah akandihancurkan kota yastrib oleh RajaYaman yang pada akhirnya tidak jadidilakukan karena untuk menghormatikedatangan Muhammad Sang Nabi” .Melalui informasi berita dari nenekmoyang suku Khazraj, keyakinanmereka terhadap sang pencerah inimerupakan satu sejarah unik karenahal ini sudah digariskan dalam kitabinjil dan hal ini sangat fonemal karenadidukung oleh sebuah kejadian besardimana kota mereka akan hilang danhancur bila Raja Yaman tidak maumengakui kedatangan nabi, maka NabiMuhammad menjadi tokoh sentral bagiseluruh penduduk Yatsrib, kepalasuku mereka menyatakan bersatudengan Muhajirin mereka juga me-rubah nama Yatsrib menjadi Ansar(para Pembina).Setelah kedatangan Nabi Muham-mad SAW kota ini lambat laun menjadidikenal sebagai
Medina 
(harfiah “kota”dalam bahasa Arab. Beberapa orangmenganggap nama ini sebagai turunandari bahasa Aram kata
Medinta,
Menurut Ibnu Ishaq, kaum Muslimdan Yahudi menandatangani ke-sepakatan, disebut Konstitusi Ma-dinah, membangun komitmen denganmuslim, untuk saling kerjasama.


  
Karena lima rukun tersebut meref-leksikan nilai-nilai filosofis yang sangatdalam, yang apabila dihayati denganmendalam dan dengan cara yangbenar, dapat menjadikan manusiamengerti akan hakekat dirinya sebagaimanusia (
al-Insan) 
dan dirinya sebagaihamba (
al-Abdu 
) sehingga dapatmembawa kebahagian dalam kehi-
Menyelami SamuderaMutiara Haji
dupan dunia dan akhirat.Pada kenyataannya, pola kehi-dupan manusia yang berbeda-bedasebagai konsekuwensi logis dariperbedaan Negara, pendidikan, bu-daya, dan sosial, memerlukan sebuahsarana yang dapat mengumpulkanmereka untuk saling belajar dansekaligus dapat menyatukan merekadalam mencapai kebahagian dankesempurnaan hidup. Dalam konteksini, disyariatkannya haji merupakansarana bagi kaum muslimin untukberkumpul dalam satu tempat, denganmengusung satu kalimat tauhid demimembangun satu kesatuan dalamberbagi kasih sayang dan kemanfaatandi antara sesamanya.


Pernah kah kita membayangkan bersimpuh dihadapan Ka"bah seraya memanjatkan Doa di tempat-tempat yang mustajab.... Tak ada dosa yang tak di ampuni dan tak ada kesalahan yang tidak di maafkan Allah SWT.
thawaf haramain wisata mengajak umrah bareng pada tanggal 16 mei 2013 dengan harga Rp.21.500.000 . . .
dari  Bandara Internasinal Minangkabau -jakarta -jeddah-madinah-mekah-bandara internasional minang kabau atau perjalan internasional  
Bandara Internasinal Minangkabau -kuala lumpur/malaysia- jeddah-madinah-mekah-kuala lumpur/malaysia-bandara internasional minang kabau  . . .
(selain paspor  )  . . .
rasakan nikmat iman melalui  wisata relegi (ziarah tour)selama dalam perjalan . . .
daftarkan diri di kantor JL.IMAM BONJOL NO.21 KOTA PARIAMAN  SUMATERA BARAT
9SAMPING KEJAKSAAN NEGRI ) telp/fax 0751-92301
HP. 0812 6684 4555 / 0857 6126 4500 / 0878 8081 1110 / 0831 8200 6890 (ZUARMAN AMURRA)